Senin, 13 Agustus 2018

Aku Ingin Shalat di Shaf Pertama di Dunia




Gambar ini adalah foto shaf pertama di dunia untuk bagian barat lautnya Ka'bah. Tepat tegak lurus dengan talang Hijir Ismail. Kadang-kadang kita di masjid pada malas buat maju ngisi shaf terdepan, sedangkan di sana sampai badan kadang jadi taruhan buat dapat posisi sholat terdepan.

Kalau saya pikirkan lagi, berkunjung ke Baitullah itu benar-benar bukan karena kita kaya, bukan karna kita berduit, bukan karna kita alim. Buktinya, saya pun bukan orang kaya raya, apalagi alim, kok bisa sampai sana. 

Untuk itulah di sana saya berdoa, ya Allah kayaknya nikmat banget kalau bisa sholat di shaf pertama di dunia, mumpung di sana.

Menjelang magrib, saya sudah siap-siap app menuju Masjidil Haram. Sudah mengincar tempat di belakang imam. Tentu saja, saya sudah telat banget. Shaf yang persis di belakang imam sudah peeeeenuh sesak. Padahal masih kurang 30 menit lebih menjelang magrib.

Ketika sang imam datang, mulailah jamaah lebih "brutal" dalam mempertahankan posisinya di belakang imam. Askar di sana pun tak tinggal diam, mungkin daripada berantem jamaah yang bejubel itu "digeret" ke shaf belakang. Termasuk saya.

Ternyata di belakang pun juga situasi masih kacau, rebutan gak karuan. Saya inget wejangan dari istri, pokoknya jangan rebutan, mendingan ngalah. Akhirnya saya pun ngalah yang berakibat saya gak kebagian tempat. Lalu saya mundur lagi, dan gak kebagian tempat lagi. Doa saya yang kepinginnya sholat di belakang imam persis malah kini jadi semakin menjauh.

Saya jalan-jalan gak karuan di antara kerumunan orang yang udh standby mempertahankan posisi shaf sholatnya, berharap siapa tau ada yang kosong, ngelilingi sekitar ka'bah.

Dan akhirnya miracle terjadi. Pas sedang muter-muter ada askar yg nunjukin saya shaf yg kosong. Pas banget cuma tinggal 1. Habis saya duduk disitu, langsung askarnya nyetop jamaah lain yang mbuntutin belakang saya yang sama-sama  belum dapet shaf.

Alhamdulillah dapet tempat juga, pikirku. Pas sedang duduk, saya ya mulai perhatikan sekitar. Loh, ternyata saya duduk persis di belakang keramik Hijir Ismail. Artinya, gak mungkin ada lagi yang yang sholat di depan saya. Dan ketika saya liat ke atas, masha Allah, itu talang Hijir Ismail, salah 1 tempat yang mustajab buat berdoa. Di mana biasanya buat doa disitu saja disuruh cepat-cepat gantian sama jamaah lain, kini saya justru dijagain sama askar biar gak ada lagi jamaah gangguin saya!

Masih sekitar 20 menit jelang magrib, saya pun nangis di sana. Salah satu doa saya, ya kepingin nggak jauh-jauh dari keluarga dan orang tua. Alhamdulillah, kini terkabul. 

Dan saya masih ingat, rakaat pertama sholat magrib itu imamnya baca surat Al Buruj. Itu salah satu paketan surat yang saya harus hafalkan ketika jaman PDKT sama istri saya. Jadinya bisa nyimak. Air mata ngalir lagi deh..

Saya membayangkan, seandainya ketika saya digeret sama askar menuju shaf barisan belakang dan saya rebutan untuk sholat di situ, pasti judulnya saya tidak berhasil sholat di shaf pertama di dunia.
Sama ketika kita ingin mencapai sebuah posisi tertentu, mungkin posisi nomor 1 dalam karier, atau jabatan tertinggi, atau apalah itu yang bisa dianalogikan dengan "shaf terdepan", tidak perlu lah kita menggunakan cara-cara yang tidak halal, dengan menipu, korupsi, dan sejenisnya. Ikutin saja aturan yang benar, gimana yang disuruh sama Allah, insha Allah pasti dapet.

Sekali lagi, ke Baitullah itu bukan karena duit, bukan karena kita alim, tapi karena Allah yang kepingin kita kesana. Ada tukang sol sepatu yang sudah naik haji 5x. Tapi mungkin di antara kita banyak yang kondisinya jauh lebih baik drpd tukang sol sepatu tapi justru belum juga kesampaian. Logikanya dimana? Ya karena Allah lebih kepingin manggil tukang sol sepatu.

Deket-deket sama Allah. Nempel terus sama Allah. Insha Allah pasti akhirnya berangkat, pake caraNya yang amazing.

Band Ungu, pas lagi umroh, mereka bikin lagu.. lirik reffnya cuman "ku ingin di sini, ingin tetap di sini.." gitu-gitu doang.. kirain lagunya nggak kreatif, tapi ternyata memang begitulah rasanya di sana.. sebagus-bagusnya saya coba bikin tulisan ini, gak akan bisa menggambarkan indahnya tanah suci.

Bulan ini, jutaan jamaah haji habis wukuf di Arafah.. semoga hajinya mabrur, semoga bisa kembali ke tanah airnya masing-masing dengan selamat.. semoga yang belum ke sana, bisa segera ke sana.. yang sudah ke sana, bisa berkali-kali ke sana lagi.. aamiin Ya Allah..

Labbaik Allahuma Labbaik!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar