Selasa, 07 Agustus 2018

Ramadhan Berlalu, Sudahkah Hidup Kita Membaik?




Cerita tentang manisnya meneguk ibadah demi ibadah di Bulan Ramadhan, akan selalu membekas dalam benak kita setiap muslim. Menjalani setiap detik yang berbalut taqwa secara berjamaah, menimbulkan perasaan tenang yang selalu melekat dalam identitas Ramadhan. Berlalunya bulan Suci Ramadhan, seharusnya mampu menjadi ajang memanen hikmah bagi kita dalam mengarungi bulan-bulan selanjutnya. 


Sebuah pertanyaan yang mestinya kita temukan jawabannya ialah, mengapa di bulan Ramadhan kita merasakan kedamaian dan kebahagiaan, lalu apakah kondisi tersebut bisa hilang seiring dengan berlalunya bulan Ramadhan?

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاءِ وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri tersebut beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (Qs. Al-A’raf: 96)

Belajar dari ayat tersebut, bahwa rupanya Allah SWT telah janjikan keberlimpahan bagi setiap kaum jika mereka senantiasa beriman dan bertakwa. Keberlimpahan tersebut beragam bentuknya, bisa berupa kelapangan rezeki, waktu luang, maupun kesehatan. 

Jangan sampai kita salah memahami, bahwa segala kenikmatan yang kita rasakan, kondisi kesehatan yang prima untuk menjalankan ibadah Ramadhan, luangnya waktu yang didapat dari berkurangnya jam kerja di bulan Ramadhan, atau bahkan cairnya Tunjangan Hari Raya untuk membiayai beragam kebutuhan lebaran, semua terjadi karena memang Allah SWT telah ridha untuk membuatnya terjadi.

Sehingga semestinya, ketika berbagai kenikmatan dan kelapangan tersebut juga ingin kita rasakan pasca Ramadhan berlalu, kita perlu menjaga kondisi iman kita agar ghirah ibadah kita selalu tetap optimal. Sebab mungkin secara tidak kita sadari, bahwa kita sendirilah yang menciptakan suatu kondisi yang menjadikan Allah SWT memberikan segala kemurahan-Nya berupa kemudahan-kemudahan dalam hidup kita. Kondisi tersebut ialah kondisi taqwa yang senantiasa kita jaga secara bersama-sama.

Keberhasilan Ramadhan dilihat dari bagaimana kualitas ibadah pasca Ramadhan berlalu..
Share:

0 komentar:

Posting Komentar