Selasa, 16 Januari 2018

DHUHA, Pembuka Segala Pintu Rezeki




Sejak kita bangun tidur, sampai kita tidur kembali, pernahkah terpikirkan oleh kita untuk menghitung betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan? Mungkin kita tak akan pernah mampu menghitungnya, sebab nikmat yang Allah berikan setiap hari amatlah banyak. 

Mulai dari nikmat bisa membuka mata, mampu melihat kembali indahnya dunia, menghirup udara segar, bisa melangkahkan kaki, mampu berbicara, mengambil sesuatu dengan tangan kita, itu semua adalah nikmat dalam tubuh kita yang sebenarnya perlu untuk kita syukuri dalam bentuk sedekah.

Ya, sebanyak 360 ruas persendian dalam tubuh kita wajib kita sedekahi. Dan sholat Dhuha bisa menggantikan sedekah pada seluruh persendian tersebut.

Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at. (HR. Muslim no. 1704)

Mungkin kita sudah tahu betapa hebat fadhillah dari sedekah. Dengan sedekah, rezeki semakin berlimpah. Dengan merutinkan Dhuha, kita sama saja dengan merutinkan sedekah. Hasilnya insha Allah pun sama, keberlimpahan rezeki yang berkah. Bagaimana dengan yang jarang berdhuha? Bisa jadi itulah yang menjadi sebab mereka yang tak kunjung mendapat solusi atas segala kebutuhannya.

Tak berhenti sampai disitu, sholat Dhuha juga bisa menjadi bukti nyata tanda syukur kepada Allah yang kita lakukan setiap pagi menjelang beraktivitas. Sedangkan janji Allah sendiri, barangsiapa yang selalu bersyukur maka akan semakin bertambah nikmatnya.

Maka jangan heran ketika kita rutinkan Dhuha setiap pagi, insha Allah banyak rezeki akan datang dari arah yang tidak pernah kita sangka. Semangat
Share:

0 komentar:

Posting Komentar