Selasa, 01 Mei 2018

Ustadz Yusuf Mansur, Guru Tauhid, Bisa Bertemu Beliau juga dengan Cara Tauhid





Saya sering teringat ustadz Yusuf Mansur selalu menasihatkan: jangan bergantung kepada orang, karena orang belum tentu bisa menolong, bisa jadi justru dia sendiri sedang banyak masalah.. tapi bergantunglah kepada Allah, yang sudah pasti bisa menolong..


Pagi tadi, saya berencana untuk berkunjung ke kediaman ustadz YM.. kepingin cerita2 sekaligus minta endorsement buku #3HariMenjemputJodoh.. karena bagi saya, buku tersebut materinya bener-bener "yusuf mansur banget", jadi mungkin sangat cocok diendorse beliau... saya sampai di sana pukul 10 pagi.. lalu dipersilakan oleh security untuk menunggu di ruang tunggu depan rumahnya karena sedang ada tamu..

Pukul 11, brarti 1 jam menunggu, ada seorang bapak-bapak (bagian penerima tamu) menemui saya.. beliau memberi pilihan kpd saya untuk meninggalkan pesan dan nomor yang bisa dihubungi saja.. karena jadwal ustadz YM sedang sangat padat hari ini.. dikhawatirkan, saya bisa nunggunya sampai malam, itu pun juga belum tentu bisa bertemu.. kata security nya memang sedang kedatangan tamu gubernur... tapi saya bilang, mau coba nungguin dulu saja..

Pukul 11.30 pintu pagar rumah YM dibuka, dan ustadz YM malah naik mobil pergi begitu saja.. menyusul tamu-tamu sebelumnya juga bergiliran naik mobil di belakang.. setelah saya liat di fb, ternyata beliau ada acara dengan pak Anies Baswedan, acara yang begituan tentunya tidak bakal cepat selesai..

Saya terus terusan teringat ceramah dari ustadz YM.. "kalau sama orang saja bisa sabar nungguin, tapi kalau sama Allah kenapa nggak sabaran nungguin doanya dikabulkan"... kalimat-kalimat itu seperti 'ngece' saya yang duduk di sana dari pagi..

Istri saya pun, sebelum berangkat sudah mengingatkan, pokoknya di sana jangan ngarep sama YM, ngarepnya sama Allah aja..

Saya berpikir, mgkn ini adalah ujian jadi muridnya Yusuf Mansur.. yang ngakunya udah khatam ikutan kuliah tauhid, tapi justru ini masih ngarep ketemu sama YM yang ngajarin tauhid itu sendiri..

Akhirnya saya tinggal untuk sholat Dzuhur, di situlah saya nanya sama Allah, enaknya pulang atau tidak.. sepintas ini sepele, tapi justru inilah tauhid.. mendahulukan ke Allah dulu, baru ke manusia.. karena yg bisa bikin ketemu dan tidak itu Allah..

Habis sholat saya kembali ke ruang tunggu.. ustadz YM jelas belum balik.. dan kalau sampai 4 jam saya menunggu di sana, itu sdh nggak wajar dan nggak pantes kalau saya menyebut diri saya nggak ngarep sama ustadz YM..

Akhirnya saya berikan naskah buku saya dan surat berisi pesan saya ke security untuk disampaikan ke ustadz YM.. security itu bertanya, kenapa ngga ditunggu saja mas, ini masih mending ustadz YM ada, biasanya sibuk banget sampai ke luar negeri..

Pertanyaan yang sangat berat.. saya juga kepinginnya bertemu.. tapi saya juga tidak kepingin ngarep.. saya tetep putuskan untuk titip saja dan pulang.. akhirnya naskah buku saya dibawa masuk ke dalam rumah oleh salah seorang stafnya..

Melihat itu, saya agak sedih karena jauh-jauh sudah sampai sana.. tapi ya sudahlah, minimal bisa melihat rumahnya YM.. diikhlaskan saja, siapa tau lain waktu bisa bertemu.. saya pikir, cerita saya selesai sampai di sini..

Pas lagi pasrah-pasrahnya sambil beres-beres untuk persiapan pulang, security tadi nabok saya.. mas, itu dateng, sini mas!

Saya disuruh berdiri di depan pagar.. saya yang tadi pikirannya udah pulang sekarang disuruh siap-siang nanti kalau ustadz YM turun dari mobil langsung salim (cium tangan)..

Dan ya alhamdulillah.. bener-bener tidak disangka kalau ustadz YM beneran pulang dari acara secepat itu.. saya cium tangan beliau, dan dipersilakan masuk ngobrol berdua.. luar biasa ramah.. bahkan sambil bergurau, saya diingatkan pas pamitan pulang untuk selfie dulu biar punya kenang-kenangan.. masha Allah.. he he

Security itu bilang, untung mas belum pulang.. mungkin kalau 1 menit aja udah duluan pulang, bisa papasan nggak ketemu..

Saya ngejawabnya, disuruh ikhlasin dulu nih pak baru bisa ketemu.. itulah hikmahnya.. disuruh pasrah dulu sama Allah baru bisa dikabulin..

Mungkin bisa digunakan juga untuk hal yang lainnya.. kalau kita punya keinginan, ya berdoa, ya berusaha, tapi terus ojo mekso.. serahin hasilnya ke Allah.. termasuk urusan jodoh.. rezeki.. dan lain sebagainya..

Ngomong doang mah gampang ya, prakteknya memang susah.. tapi kalau berjamaah insha Allah lebih mudah.. makanya, jangan lupa saling menasihati.. :)

Insha Allah royalti buku #3HariMenjemputJodoh nantinya juga akan disedekahkan untuk Rumah Tahfizh Daarul Quran.. minta doanya smg bisa menjadi amalan jariyah bersama.. aamiin
Share:

0 komentar:

Posting Komentar