Selasa, 26 Juni 2018

Pahala Besar di Balik Memberi Makan Berbuka Puasa




Sebuah fenomena yang sering kita temui di sore hari ketika bulan Ramadhan ialah berjejerannya para pedagang menjajakan beragam makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Kerumunan orang pun ramai memadati, seolah tidak ingin kehabisan jatah untuk berbuka puasa. Yah, sebenarnya itu bisa menjadi ladang pahala yang amat besar, manakala kita yang membeli jajanan tadi lalu memberikannya kepada orang lain untuk berbuka puasa.


Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807)

Inilah pahala besar yang disebutkan oleh Rasulullah SAW. Jika pahala berpuasa diri sendiri saja sudah begitu luar biasa, rupanya kita bisa mendapatkan lebih banyak pahala puasa dari banyak orang lainnya dengan cara memberinya makan berbuka puasa. Walaupun kita dianjurkan untuk memberikan sesuatu dengan yang terbaik, namun sebiji kurma atau seteguh air yang disajikan untuk berbuka puasa saja sudah mampu menjadi ladang kita menuai banyak pahala.

Terlebih lagi, salah satu orang yang doanya tidak tertolak ialah doa orang yang berpuasa ketika dia berbuka. Jadi ketika orang yang berbuka puasa dengan hidangan dari kita ternyata mendoakan kebaikan untuk para penyaji hidangan, maka sungguh doa itu akan menjadi doa yang luar biasa dan didengar oleh Allah SWT.
Tak ada bulan yang lebih indah daripada Ramadhan, bulan penuh keberkahan di mana Allah memberikan pahala yang tiada tara dari amalan yang kita kerjakan. Memberikan makanan ini hanya satu contoh yang dapat kita terapkan dalam hal berbagi rezki kepada sesama umat. Hal ini juga perlu dibiasakan, agar setelah selesai bulan Ramadhan, hal ini tidak punah begitu saja.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar