Jumat, 21 September 2018

Jangan Remehkan Doa dari Mereka para Manusia Langit


Cerita yang saya tulis ini, a cerita yang ditulis Ustad Yusuf Mansur dalam buku yang saya fotoin, adalah 2 cerita yang berbeda. Tapi atas izin-Nya, cerita yang saya tulis ini sama hikmahnya, benar-benar sama persis! sampai saya foto halaman ini.


Kisahnya masih berlokasi di Ternate. 

Kalau ada anak yang jauh dari orang tuanya, kira-kira gimana caranya biar bisa tetep berbakti sama orangtua? Ternyata, sesukses apapun si anak, orang tua cm ingin anaknya jadi sholeh. Saya yang merasa belum sholeh, berusaha menyempatkan diri untuk ittiqaf di masjid kalau weekend dari Subuh sampai Dhuha. Pahalanya, setara sama pahala orang umrah. Dan saya niatin pahala umrah itu untuk orang tua di rumah.

Saya yang waktu itu sangat kangen orangtua, sungguh-sungguh kepingin optimal ittiqafnya, biar pahalanya kepingin optimal juga. Saya bawa uang yang memang niat untuk saya sedekahin, 100 ribu (sengaja saya sebut, insha Allah saya niatkan btbuatemen-temen yang memang sedang mentok urusannya, coba tunjukan kesungguhannya buat minta sama Allah). Saya masukin uang itu ke dalam infaq masjid. 

Lalu saya keluar masjid, sekitar jam 7 pagi. Pas saya sedang ngambil sandal, tepat di deket tempat-tempat sandal itu ada bapak-bapak tua duduk di lantai beranda masjid dengan pakaian yang lusuh.. sambil membuka bungkusan nasi, terus berkata "makan dulu, mas.." sambil senyum..

Saya pun sekedar menjawab "iya" sambil memakai sandal, lalu pas mau jalan menuju parkiran motor baru saja ngeh: hebat sekali bapak itu, kalau kita liat kondisi antara bapak itu dan saya, mungkin Anda setuju kalau menganggap situasi saya lebih "nyaman" daripada si bapak. Tapi bapak tadi, masih sempet nawarin makan sambil senyum ke saya, padahal itu hanya "sebungkus nasi". Saya tidak bermaksud merendahin, justru saya salut dengan besarnya rasa syukur si bapak tadi atas nasi bungkus yang mau dimakannya, yang bahkan mungkin nanti siangnya bapak tadi mau makan apa aja beliau ngga tau, tapi masih tersenyum nawarin saya.

Lalu saya kasih si bapak tadi uang sisa di dompet saya, besarnya tidak sebesar yang saya masukin ke masjid. Dalam hati saya, harusnya 100 ribu itu saya kasih ke bapak itu aja soalnya lebih kasihan kondisinya. (Ini pikiran keliru, mstinya saya mikirnya berarti memang udah rezekinya masjid).. Sambil sy tanyain, "bapak mau kemana pak?" beliau menjawab "saya tersesat di sini (Ternate), mau ke Ambon".. lalu saya tanya lagi, "punya ongkos kesana pak?" si bapak menjawab "itu gampang mas" lagi-lagi sambil senyum, santai.. itulah sebabnya saya memberi bapak itu pun sekedarnya saja..
....
Dalam perjalanan pulang naik motor, saya kepikiran si bapak.. mana mungkin bisa sampai ke Ambon kalau cuma pakai uang segitu yang saya kasih.. saya pun teringat niat ittiqaf saya ke masjid saat itu adalah buat berbakti sama orang tua di rumah.. barangsiapa yang pingin orang tuanya dimuliakan, maka muliakanlah orang tua lainnya yang ditemui.. itu salah 1 cara berbakti kalau jauh dari orang tua, nasihat dari mas Ippho Santosa saat berkunjung ke Ternate dalam tulisan saya "Kala Ippho Santosa Menemuiku di Ternate"

Sesampainya di rumah dinas, saya ambil uang tambahan, saya ambil minyak kayu putih, ambil Alquran juga. Lalu saya balik lagi ke masjid itu buat nemuin si bapak tadi. Bapak tadi bilang "kok balik kenapa mas?" 

Saya pun memberikan semua yang tadi saya ambil.. ya uang, ya kayu putih (biar g masuk angin kalau si bapak naik kapal), dan Alquran. Saya pesen ke si bapak, "Pak, kalau di tengah jalan kenapa-kanapa baca Alquran aja, insha Allah ada aja pertolongan-Nya." Eh apa kata si Bapak?

"Mas kan tadi udh ngasih banyak.. kok ini ngasih lagi.. mas, saya memang tidak punya Alquran, tapi alhamdulillah saya hafal surat Yasin, yang selalu saya baca dalam hati mas..Alqurannya buat mas baca saja.." 

Allahuakbar.. bapak tadi nangis sambil meluk saya, sambil berdoa, yang kata pak kyai: doa-doa di moment itu adalah doa terbaik.. apa doa yg dimohonkan bapak itu? Adalah doa yang SEMUANYA saya minta ketika Ittiqaf tadi.

"semoga mas makin bagus kariernya, makin banyak rezekinya, makin lancar usahanya, deket dengan keluarga, dikasih anak sholeh sholeha, bisa berkumpul sama keluarga dan orang tua"

Allahuakbar, darimana bapak itu tau, bahkan doa yang spesifik sekalipun: ngumpul dg keluarga.. yang mana semua doa itu pun kini telah saya rasakan.. telah dikabul.. Allahuakbar.. Allahuakbar..

Setelah itu saya balik.. dan beberapa saat kemudian saya sengaja lewat depan masjid itu, bapak itu udah nggak ada..

Makanya pas saya baca buku yg saya fotoin halamannya ini, saya terkaget... kalau kata Habib Novel Alaydrus, orang2 seperti bapaknya itu jangan2 "Manusia Langit".. mungkin teman-teman pun pernah mengalami.. silakan dicoba, digeber ikhtiarnya, tunjukin ke Allah kalau kita benar-benar sedang punya keinginan..

Wallahua'lam bishawab.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar