Selasa, 01 Januari 2019

Pelajaran dan Hikmah dari Menghafal Quran Juz 30




Jauh sebelum saya tertarik buat ngapal Quran, tahun 2013, berarti 5 tahun yang lalu, saya mendapat nasihat dari teman, bahwa ngapalin Quran itu prinsipnya mudah, kalau sering denger lama-lama hafal, "sama seperti kamu bisa hafal lirik lagu-lagu yang aku malah nggak hafal, ya karena sering denger.."


Baru di tahun 2018 ini, saya mulai kepingin, yang katanya Quran itu miracle, membacanya saja sudah hebat dampaknya, apalagi ngapalin, maka saya menjajal satu surat saja, saya menjajal, saya ngetes, saya ngapalin An Naba, berdarah-darah ngapalin karena otak ga pernah dipakai ngapal, tapi langsung Allah kasih hadiah, tiba-tiba ada orang ngejual mobil bagus harganya murah, sesuai artinya An Naba = Berita Besar, ya akhirnya saya diijinkan bisa beli mobil, yang prediksi saya harusnya mobil sekelas itu baru bs kebeli sekitar 5 sampai 10 tahun lagi. Simak kisahnya di Beli Mobil CRV Pakai Hafalan Quran Surat An Naba

Saya pun ketagihan buat ngapal lebih.. berlanjut ke surat An Naziat, yang artinya Malaikat yang Diutus.. yang mana saat itu saya sedang ikut seleksi beasiswa DIV STAN.. sebelum ngerjain soal, saya murojaah surat An Naziat di depan lembar jawaban, pikiran saya mudah-mudahan benar-benar tuh para malaikat itu diutus buat bantuin saya ngerjain soal.. dan ternyata benar, malaikat itu diutus, buat bikin saya akhirnya nggak masuk seleksi, sebab perjalanan menghafal Quran saya mungkin akan langsung berhenti ketika saya yang masih pemula ngapal Quran ini tiba-tiba pindah untu tugas belajar.

Sebab memang perjalanan ngapal Quran ini luar biasa.. ketika saya sedangmalas ibadah, mereka (hafalan Quran) sepertinya pingin lari dari diri saya.. dalam kondisi saya sedang malas tersebut, ada-ada saja kendalanya ketika saya mau setor hafalan Quran, ada yang saya nya nggak bisa datang karena banyak kerjaan, ada yang ustadznya yang berhalangan, intinya hafalan Quran saya sepertinya tidak mau disetorkan.. tapi ketika ibadah saya perbaiki, kemudahan-kemudahan menghafal Quran itu datang dengan sendirinya..

Sampai akhirnya saya benar-benar merasakan, ternyata ngapal Quran itu lebih mudah, ketimbang ngapalin materi kuliah saya ketika UTS, he he.. 

Itulah mukjizat Al Quran.. alhamdulillah, saya bertemu dengan mereka yang sangat termotivasi menghafal Quran.. sampai akhirnya seizin Allah kami tuntaskan hafalan juz 30.. yang kata ustadznya, ini masih hafalannya anak SD lho.. he he.. memang untuk urusan akhirat tidak boleh cepat merasa puas, boleh iri dengan mereka yang ibadahnya lebih tekun.. 

Semoga bisa istiqomah melanjutkan hafalan juz berikutnya, sampai mati..

Share:

0 komentar:

Posting Komentar