Jumat, 01 Februari 2019

10 Years Chalenge! Akankah Diri ini Semakin Berbenah?



"Saya bisa berada di atas sini, bukan karena saya orang yang paling benar, tapi justru karena saya pernah jatuh terperosok sedalam dalamnya..." Ustadz Jefri Albuchori alm.


Ikutan hashtag #10YearsChallenge dah...

Ada sebuah dialog antara saya dan kakak saya dalam kurun waktu 10 tahun ke belakang tersebut... saat teman-teman seusia saya sedang menikmati masa mudanya bercanda ria dengan teman-teman, saya justru berurusan dengan masalah besar, yang kemudian saya menganggap masalah saya mirip dengan film Tao Kae Noi..  

Pada titik itu saya berkata,
"Kenapa harus ada masalah sebesar ini di usia saya segini, aku gak kuat, daripada aku mabuk atau lainnya, minimal aku mau merokok sbg pelarianku"

Kakak saya langsung menjawab, "Justru kalau kamu bisa melewati masa ini, tanpa rokok atau lainnya, kamu bakal jadi orang besar di usia mudamu"

Hingga akhirnya saya terus berpikir dan akhirnya menemukan sebuah kesimpulan, bahwa akan ada satu masa dalam hidup seseorang, di mana kepandaian sepandai apapun, harta seberlimpah apapun, jabatan setinggi apapun, maupun segala apapun yang dia punya di dunia ini, semuanya hanya akan menjadi percuma karena tidak bisa digunakan untuk mengatasi sebuah masalah..

Cuma ada satu yang bisa... yaitu... Allah... cuma itu... cuma itu saja yg bisa...

Bersyukur, saya sempat belajar banyak hal dari Ustadz Jefri yang di masa itu aktif berdakwah... bahwa Allah tak peduli dengan masa lalu kita, tapi bagaimana kita ke depan... 

Salah satu nasihat dari orang sufi, jangan merendahkan orang yang berbuat maksiat, sebab bisa jadi besok dia berhenti maksiat dan menjadi ahli ibadah.. dan jangan pernah merasa diri telah menjadi ahli ibadah, sebab bisa saja besok justru berbuat maksiat dan meninggalkan ibadah.. 

Kalau ada challenge lagi 10 tahun ke depan, semoga kita bisa terus semakin lebih baik dan makin dekat dengan Nya.. aamiin
Share:

0 komentar:

Posting Komentar